Memanfaatkan Media Sosial untuk Dakwah

Memanfaatkan Media Sosial untuk Dakwah
Akhir-akhir ini peran media sosial sangat urgen. Semua itu telah diperkuat oleh berbagai bukti. Aksi Bela Islam juga menjadi salah satu bukti shahih kekuatan media sosial jika difungsikan dengan baik.

Lantas apa sebenarnya manfaat media sosial jika digunakan sebagai wasilah dakwah. Berikut hasil wawancara wartawan harian Amanah dengan Syaiful Ramadhan, Rabu (21/12).  Pakar Media sosial khususnya  Facebook kota Medan dan juga redaksi dari situs MajelisSirah.Com

Bagaimana peran Medsos Saat ini ?

Peran Media sosial saat ini sangat luar biasa cepatnya, medsos bisa berperan apa saja sesuai penggunanya, bisa positif maupun negatif. Menurut saya, sayang apabila ada orang baik yang tidak memanfaatkan media sosial.

Munculnya media sosial kini menjadi begitu bermanfaat khususnya bagi para pendakwah. Salah satu faktor yang mendorong adanya dakwah melalui media sosial yakni karena kemudahan yang diberikan internet. Penyebaran ajaran Islam dapat dikemas secara singkat, cepat, luas, menarik dan efektif.

Mengapa harus berdakwah via Media sosial ?

Pertimbangan utama untuk menjadikan media sosial sebagai media dakwah tentu saja berkaitan erat dengan posisi medsos sendiri sebagai objek paling diminati di seluruh dunia.

Memanfaatkannya sebagai media dakwah tentunya juga merupakan bagian dari proses kulturasi dakwah, yaitu dakwah yang mempertimbangkan potensi dan kecenderungan kultural masyarakat. Karena memang sejatinya dakwah harus mampu menyesuaikan dengan kecenderungan masyarakat.
Maka mememilih media sosial sebagai media dakwah merupakan suatu keharusan bagi dai.

Apalahi sejarah mengungkapkan bahwa para Nabi dalam menjalankan risalah dianugerahi oleh Allah dengan mukjizat sesuai zaman.

Seperti pada era Nabi Musa, sihir sangat populer, Allah pun memberikan tongkat sebagai mukjizat, sedangkan zaman Nabi Isa, kedokteran sangat berkembang, Allah pun memberikan mukjizat dapat mengobati penyakit serta menghidupkan orang mati dengan izin-Nya.

Begitupula, era Nabi Muhammad Saw, sastra di Arab sangat trendy, maka salah satu mukjizat Al-Quran adalah keluarbiasaan nilai sastranya. Begitupula di era teknologi, para pelaku dakwah memang harus mengerti dan menguasai IT.

Apa keuntungan berdakwah via media sosial ?

Pertama, Tidak tergantung waktu dan tempat. Informasi mengenai Islam bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja. informasi terbesar di Internet, jika membutuhkannya cukup mengaksesnya. Kegiatan dakwah bisa terus terjadi dan dilakukan selama 24 jam.

Kedua, Cakupan yang luas. Informasi yang disebarkan di internet dapat diakses oleh banyak orang. Cakupan dari internet adalah seluruh dunia. Dakwah tidak lagi terbatas untuk kalangan tertentu saja, informasi yang kita sebarkan akan bersifat universal karena semua orang dapat membacanya.

Ketiga, Pendistribusian yang cepat. Internet menjadi media penyebar informasi yang tercepat saat ini. Hanya dalam hitungan detik, informasi yang baru kita tuliskan sudah bisa tersebar ke mana-mana.

Keempat,Keragaman cara penyampaian. mulai  dari menampilkan bentuk tulisan, meme, gambar, software, audio maupun audio visual yang menarik. Intinya dakwahnya beragam. Baik via FB, Twitter, BBM, Line, WhatsApp, Youtube dan lain sebagainya. Keragaman ini pulalah yang membuat dakwah melalui internet dapat menjangkau banyak segmen.

Saat ini medsos yang paling tepat digunakan untuk dakwah ?


Saya kira semua Medsos penting untuk Dakwah, semuanya bisa dimanfaatkan buat dakwah. Apalagi jika kita menggunakan media sosial yang paling banyak digunakan manusia zaman sekarang seperti facebook dan Instagram.

Materi dakwah apa yang paling penting disampaikan di Facebook ?


Mengenai materi atau isi dakwah, sebenarnya tidak ada berbeda dengan dakwah lain. Materi dakwah tentunya mencakup tema aqidah, ibadah dan juga akhlak. Akan tetapi, dakwah via medsos lebih kepada bagaimana cara mengemas pesan-pesan dengan menarik. Baik itu via tulisan, foto, gambar design, video dan sebagainya.

Bagaimana tips agar pesan dakwah via medsos itu menarik dan dipahami ?

Tips bermedsos menurut saya sangat simple :

Pertama, Menyapa semua teman di sosmed, jangan kaku. Jangan sampai postingan kita kebaikan namun enggan menyapa. Sebab namnya media sosial, harus bersosialisasi.

Kedua, Menjawab dengan baik apabila ada pertanyaan di medsos,

Ketiga. Lebih bersikap pada saling bertukar fikiran dan tidak menggurui. Sebab,Efektifitas itu terletak pada sikap pengertian dan membuat orang senang dengan kita. Sehingga lama kelamaan, pesan yang kita sampaikan dia fahami dan diamalkan.

Mendekatkan Ummat dengan Nabi Melalui Kajian Sirah bersama beberapa Ustadz serta pecinta  Ilmu kota Medan, Syaiful Ramadhan mengembangkan situs yang berisi tentang membahas sirah Rasulullah Saw dan Sejarah Islam.

MajelisSirah.com adalah situs yang berisi konten sirah nabawiyah, sirah sahabat serta sejarah dunia Islam. Begitupula terdapat materi-materi keislaman seperti tazkiyatun Nafs, sejarah islam, Kisah hikmah dan Inspirasi.

“Diharapkan dengan situs tersebut, ummat menjadi tahu dan paham tentang sirah dan sejarah Islam sehingga mampu menterjemahkannya dalam kehidupan sekarang ini” ujar pria yang juga ikut Aksi Bela Islam 212 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Situs MajelisSirah.Com yang berdiri sejak 2014 ini selain memuat kajian Sirah juga memuat konten news. “Ini kita lakukan sebagai upaya mengabarkan berita terkini tentang ummat, agar ada  perimbangan berita dengan media-media lain.” Ujarnya.

Selain situs, kami juga akan meluncurkan program Majelis Sirah lain berupa video video singkat tentang sirah Nabawi.

Video-video ringkas tersebut direncanakan berseri atau membahas Sirah Nabawiyah secara berurutan yang akan dishare via facebook, website dan Youtube secara LIVE.

Sumber : Harian Amanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar